Kapal Penanggulangan Ranjau (Mine Counter Measure Vessel)




Kapal penanggulangan ranjau adalah kapal jenis penyapu ranjau dan kapal jenis pemburu ranjau. Kedua jenis kapal ini secara kolektif disebut mine counter measure vessel atau MCMV, suatu istilah yang juga diterapkan untuk sebuah kapal yang memiliki peran gabungan keduanyaHMS Wilton adalah kapal pertama dari jenis ini, sekaligus juga kapal perang pertama yang dibangun dari plastik yang diperkuat kaca (GRP).

Kapal penyapu ranjau merupakan kapal perang laut kecil yang dirancang untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau laut. Kapal penyapu ranjau umumnya mendeteksi kemudian menetralisir ranjau sebelum kegiatan operasi laut lainnya. Kapal penyapu ranjau berbeda dengan kapal pemburu ranjau yang secara aktif mendeteksi ranjau dan menetralisirnya.
Kapal penanggulangan ranjau (mine counter measure vessel)
Kapal penanggulangan ranjau (mine counter measure vessel)

Dalam banyak kasus, kapal penyapu ranjau menjadi pelengkap terhadap kapal pemburu ranjau, meskipun tetap tergantung pada operasi dan lingkungan operasinya. Sebuah kapal penyapu ranjau secara khusus lebih cocok untuk membersihkan daerah perairan terbuka, dengan sejumlah besar ranjau.

Kapal penanggulangan ranjau dilengkapi dengan alat “penyapu mekanis” (mechanical sweeper) atau “penyapu pemberi pengaruh” (influence sweeper) untuk membuat ranjau meledak. Kapal penyapu ranjau modern dirancang untuk mengurangi kemungkinan lewatnya kapal tersebut akan meledakkan ranjau itu sendiri, maka kapal ini dibangun kedap suara untuk mengurangi jejak akustik dan lambung kapal umumnya dibangun dengan menggunakan kayu, plastik yang diperkuat dengan kaca (glass-reinforced plastic atau GRP), logam selain besi, atau melalui proses pengurangan jejak magnetik (degaussed).

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses