Teknologi Hibrida Listrik Terbaru Honda




TOKYO, KOMPAS.com – Honda memperkenalkan prototipe mobil hibrida listrik (Hybrid Electric Vehicle: HEV) dengan mesin bensin dan motor listrik terpisah di depan, plus dua lagi di belakang.
Menurut techon.nikkeibp.co.jp, tujuan Honda menciptakan sistem ini agar performa mobil setara bila menggunakan mesin V-8 namun konsumsi bahan bakar sama dengan mesin 4-silinder segaris. HEV adalah prototipe yang  dibuat berdasarkan pada model Accord untuk pasar Amerika Utara.
Sistem hibrida HEVm ini, mesin bensinnya dipasang melintang di depan dan berhubungan dengan motor listrik (di depan) melalui transmisi dobel kopling (dual clutch transmission/DCT) 7-percepatan hasil pembangan langsung Honda.
Dua motor listrik di belakang mempunyai tenaga yang sama, ditempatkan di bagian tengah aksel, yang menghubungkan ban kanan dan kiri.
Mode Kerja
Ketika HEV mulai bergerak atau jalan pelan, tenaga penggeraknya berasal dari motor listrik di belakang. Ketika tenaga dibutuhkan bertambah, motor listrik depan berfungsi. Makin besar tenaga dibutuhkan, giliran mesin bensin kemudian ikut bekerja.
Untuk mengontrol motor listrik, Honda menggunakan fungsi Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) yang diperkenalkan pada pada 2004. Alokasi tenaga penggerak untuk dua roda belakang disesuaikan dengan kondisi kerja mobil melalui dua motor belakang. Karena itulah Honda menyebut sistem hibrida baru ini dengan “SH-AWD bertenaga listrik”.
Contohnya, ketika HEV berbelok ke kanan, mobil digerakkan oleh (1) motor listrik roda belakang kanan. Selanjutnya, motor listrik roda belakang kiri (2) dan motor listrik roda depan (3) diarahkan berputar ke belakang atau bisa juga sama-sama ke depan. Dengan cara ini gaya oleng (yaw) bisa dikontrol, mobil pun jadi lebih gampang berbelok ke kanan.
Daur Ulang Energi
Selanjutnya, dengan teknologi ini, memungkinkan pula mengisi baterai dengan listrik hasil  daur-ulang langsung oleh motor listrik roda belakang kanan yang berputar ke arah belakang (regenerasi).
Pada SH-AWD yang dimasih digunakan Honda saat ini, tenaga mesin dipindahkan ke belakang melalui as kopel. Alokasi tenaga untuk roda belakang diatur oleh komponen ini. Untuk versi sekarang, langsung oleh motor listrik yang dipasang pada kedua roda belakang.
HEV menggunakan mesin bensin V6, 3,5L injeksi langsung. Tenaga yang dihasilkan motor listrikdepan 30 kW atau lebih tinggi. Masing-masing  dua motor belakang bertenaga 20 kW atau lebih besar lagi. Honda juga memasang kopling antara dua motor. Sumber listrik adalah baterai lithium-ion yang bisa diisi buatan Blue Energy Co.,

,

0 komentar

Write Down Your Responses