Dua Kapal Jenis PC-43 Perkuat Jajaran TNI AL




TNI AL terus menambah kapal-kapal baru. Kemampuan pertahanan harus sepadan dengan luas wilayah. Dalam suatu kesempatan Presiden SBY pernah menyatakan, "Terus terang, dibandingkan dengan luas wilayah, mestinya kekuatan militer kita harus lebih besar dan modern, meski dengan judul minimum essential force"

TNI AL mengalami peningkatan signifikan dalam hal penambahan peralatan baru. Beberapa waktu lalu sejumlah kapal dan helikopter baru telah memperkuat jajaran TNI AL. Sebagian besar kapal baik untuk jenis Kapal Rudal Cepat, LPD, maupun patroli cepat adalah hasil produksi dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan buatan luar negeri. 
Kapal cepat buatan perusahaan dalam negeri termasuk canggih, termasuk Kapal Patroli Cepat yang baru saja diresmikan. 
TNI Angkatan Laut resmi menerima dua Kapal Patroli jenis PC-43, KRI Pari-849 dan KRI Sembilang-850, produksi dalam negeri dari PT Palindo Marine, yang resmi diluncurkan pada Rabu (24/4/2013), di Batam, Kepulauan Riau.


Kedua kapal patroli berjenis PC-43 ini, memiliki panjang 43 meter, lebar 7,4 meter dengan kecepatan maksimal 24 knot, serta memiliki ketahanan dalam kemampuan layar selama empat hari.

Rencananya KRI Pari-849 akan memperkuat jajaran Satuan Kapal Patroli (Satrol) Komando Armada RI Kawasan Timur, sedangkan untuk KRI Sembilang-850 akan memperkuat jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat, di wilayah Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat.

Dalam peluncuran kedua kapal tersebut, Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Agus Setiadji secara simbolis memotong tali kapal sebagai tanda kedua KRI resmi diluncurkan. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasal Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Kadislaikmatal) Laksamana Pertama TNI Ir. Harry Pratomo, Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Ir. Bambang Nariyono, serta pejabat terkait lainnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Sumber : Dispenal Mabesal

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses