Konsep Teknologi Pengaman Jalan Raya


Konsep teknologi merupakan sebuah cerminan dari keinginan sesorang untuk mewujudkan sesuatu ide yang lebih inovatif dan bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sangat menarik untuk melihat konsep teknologi dari berbagai bidang dan menemukan ide-ide kreatif yang kadangkala cukup sederhana namun belum pernah terpikirkan. Seperti beberapa konsep teknologi berikut ini yang bertujuan untuk menciptakan berbagai alat untuk membuat jalan raya lebih aman.

Konsep Teknologi Pengaman Jalan Raya


Polimer Tufts
konsep teknologi

Konsep teknologi ini memanfaatkan serat polimer yang disusun secara berjajar di samping jalan raya. Masing-masing serat polimer tersebut dilengkapi dengan LED sebagai penerang. Rangkaian serat polimer ini berguna untuk melindungi pengendara yang mengalami kecelakaan dan terpental ke pinggir jalan. Diharapkan saat pengendara terjatuh akan “tersangkut” di jajaran serat polimer dan terhindar dari benturan yang lebih keras ke aspal atau dinding di samping jalan raya.

Light Lane

Jalur khusus untuk pesepeda merupakan salah satu solusi yang dianggap paling jitu untuk meningkatkan keselamatan para pengendara sepeda. Namun implementasinya sering terkendala dengan biaya yang mahal untuk membuat pembatas atau “sparator”. Sedangkan konsep teknologi Light Lane ini menggunakan sinar laser untuk menandai batas lajur pengguna sepeda. Selain lebih murah, sinar yang cukup terang juga akan membuat para pengendara lebih waspada.

Speed Bumps

Speed Bumps adalah sebuah konsep teknologi dalam bentuk “polisi tidur” yang smart. Polisi tidur ini dapat mendeteksi kecepatan kendaraan yang melewatinya. Jika ada kendaraan yang melaju kurang dari 30 km/jam, maka polisi tidur ini akan berbentuk rata sehingga pengemudi bisa melewatinya dengan nyaman. Namun jika sebaliknya, maka Speed Bumps juga akan berubah menjadi “gundukan” yang lebih tinggi untuk menghambat laju kendaraan.

Transparentius

Transparentius menjadi konsep teknologi yang cukup menarik karena menawarkan sebuah konsep sederhana namun sangat bermanfaat. Dengan adanya konsep teknologi ini diharapkan pengendara akan lebih hati-harti sebelum mendahului kendaraan lain di jalan raya. Karena sistem dari Transparentius ini adalah memasang kamera pada bagian depan kendaraan besar dan menampilkan hasil proyeksinya ke layar yang berada di bagian belakang mobil. Ini akan sangat membantu pengemudi di belakang kendaraan besar agar tetap bisa melihat kondisi jalan di depannya.

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses