Northrop Grumman X-47B, Jet Tempur UAV Yang Mampu Bertempur Secara Mandiri



Northrop Grumman X-47B (Foto 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Northrop Grumman X-47B (Foto 2). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Northrop Grumman X-47B (Foto 3). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Northrop Grumman X-47B (Foto 4). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Northrop Grumman X-47B (Foto 5). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Koleksi wallpaper foto pesawat jet tempur UAV Northrop Grumman X-47B :

Pesawat nirawak (UAV) buatan Northrop Grumman ini berhasil menjalani uji coba terbang pertama kali pada Jumat 4 Februari 2011. X-47B adalah sebuah pesawat tempur tanpa awak yang memiliki kemampuan otonom. Uji coba penerbangan X-47B tersebut dilakukan di Pangkalan Udara Edwards, California. Pesawat eksperimen ini terbang selama 29 menit hingga pada ketinggian 5.000 kaki, mendemonstrasikan kemampuan lepas landas dan mendarat, serta melakukan beberapa manuver dengan baik. Keberhasilan uji coba ini makin membuka era pesawat tempur tanpa awak.

X-47B merupakan bagian dari proyek Angkatan Laut AS yang disebut Unmanned Combat Air System Demonstrasi (UCAS-D) yang juga bagian dari proyek J-UCAS departemen DARPA. Pesawat tempur tanpa awak ini mampu melakukan operasional penerbangan dan pertempuran secara mandiri tanpa dikendalikan dari jarak jauh oleh operator. Selain melakukan operasional penerbangan tanpa kendali manusia, X-47B juga dirancang untuk dapat mengambil keputusan sendiri dalam pertempuran, diantaranya adalah menentukan apakah sebuah target memiliki potensi sebagai ancaman atau tidak.

Sampai tahun 1999 Angkatan Laut AS belum menaruh perhatian serius terhadap pengembangan pesawat tempur nirawak hingga pada pertengahan 2000 mereka memberikan kontrak kepada perusahaan Boeing dan Northrop Grumman untuk merancang model pesawat UCAV. Pihak US Navy tertarik menggunakan pesawat nirawak untuk keperluan misi pengintaian, perlindungan wilayah udara dari usaha penetrasi lawan, dan indentifikasi target untuk mengatur strategi serangan militer.

Menurut informasi dari beberapa sumber, pesawat X-47B sudah selesai dibuat pada 16 Desember 2008 dan direncanakan untuk melakukan uji coba penerbangan pada November 2009 tapi tertunda dikarenakan beberapa masalah teknis.

Pesawat X-47B merupakan salah satu dari varian seri X-47. Varian lainnya adalah X-47A dan X-47C. Pada program selanjutnya telah diusulkan varian lain dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki kapasitas angkut persenjataan hingga 4.500 kg.

Berikut data-data umum pesawat tempur Northrop Grumman X-47B :
  • Jumlah kru: tidak ada (tanpa awak/pilot)
  • Panjang: 11,63 meter
  • Lebar rentang sayap: 18,92 meter
  • Tinggi: 3,10 meter
  • Berat kosong: 6.350,29 kg
  • Maksimal berat lepas landas: 20.215 kg
  • Kecepatan jelajah: Mach 0.45
  • Jarak jelajah: 3.889 km
  • Service celling: 12.190 meter
  • Persenjataan: 2 unit GBU-31 JDAM @ 905 kg
  • Sistem Avionik: EO / IR / SAR / GMTI / ESM / IO
wikipedia.org, gizmag.com

Video Jet Tempur UAV Northrop Grumman X-47B :

, , ,

0 komentar

Write Down Your Responses