APC AV8-TURKI


AV8 APC
AV8 adalah kendaraan APC dikembangkan oleh FNSS Turki untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Darat Malaysia. Kendaraan baru ini didasarkan pada APC FNSS Pars 8x8. Namun telah dimodifikasi sesuai kebutuhan Angkatan bersenjata Malaysia.prototipe diselesaikan tahun 2011. Malaysia memesan total 257 APC. Pengiriman dimulai pada 2013. Sebagian dari kendaraan ini akan dirakit secara lokal. APC ini akan memodernisasi alutsista Angkatan bersenjata negeri itu.

   AV8 terbaru telah mengalami peningkatan terutama pada sistem perlindungan, jika dibandingkan dengan Pars. Armor pelindung tambahan telah dipasang. Busur depan memberikan perlindungan terhadap proyektil 14,5 mm armor piercing. Kendaraan memiliki hul atau lambung berbentuk V guna meningkatkan perlindungan terhadap ranjau darat. AV8 tahan terhadap ledakan 8 kg TNT pada bagian Yul,untuk setiap roda tahan terhadap ledakan TNT 6 kg.
   Umumnya seluruh AV8 dilengkapi dengan Denel LTC30 2-man turret. Kendaraan dipersenjatai dengan kanon 30 mm dual-pakan. Ada juga senapan mesin 7,62 mm yang terpasang secara koaksial. Sebanyak 68 kendaraan ini akan dibangun. 54 APC lainnya akan serupa, namun pada bagian belakang akan dilengkapi dengan tambahan 4 rudal anti-tank. Versi ini bahkan dapat dianggap sebagai IFV.

   Untuk versi lainnya akan dilengkapi dengan kanon Sharpshooter 25-mm dan senapan mesin koaksial 7,62 mm.Sebanyak 46 APC akan dibangun untuk konfigurasi ini. Juga 10 kendaraan akan hanya dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm yang dapat dikendalikan dari jauh.


   


Awak kendaraan terdiri dari 3 orang, termasuk komandan, penembak dan sopirdan dapat membawa sekitar 11 orang personel. Untuk akses keluar masuk bagi personel dapat melalui pintu belakang dan palka bagian atas.
   AV8 ini didukung oleh mesin diesel turbocharged Deutz Jerman, berkekuatan 523 hp. Mesin terletak di tengah-tengah lambung, di belakang kompartemen mengemudi. Mesin yang sama digunakan pada Pars. APC ini juga dilengkapi dengan unit daya tambahan. Kendaraan memiliki konfigurasi 8x8 dan dilengkapi dengan sistem inflasi ban sentral dan ban run-flat. Sebuah winch self-recovery yang dipasang sebagai standar. Kendaraan lapis baja ini sepenuhnya amfibi. Pada air itu didorong oleh dua waterjets. The AV8 dapat diterbangkan oleh pesawat kargo militer C-17 atau A400M.


   Sebanyak 178 AV8s akan memiliki konfigurasi APC dengan turet 30-mm atau 25 mm, atau 12,7 mm dengan stasiun pengendali senjata jarak jauh. Versi lainnya termasuk kendaraan lapis baja dengan radar pengawas dan antena sensor medan (24), kendaraan komando (13), ambulans lapis baja (9), kendaraan lapis baja maintenen (9), kendaraan pemeliharaan (9), operator mortir 120-mm (8) , kendaraan engineering (4) dan kendaraan signal (3)

, , ,

0 komentar

Write Down Your Responses