Jerman Pamerkan Kapal Selam Canggih Di Imdex 2013 Singapura


ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) turut berpartisipasi dalam IMDEX Asia 2013, di mana perusahaan ini menampilkan portofolio inovatif dari berbagai kapal selam dan kapal permukaan kepada seluruh angkatan laut yang hadir. Bagi TKMS, Asia Tenggara dan Pasifik merupakan pasar strategis yang penting dan beberapa negara di antaranya sudah sukses mengoperasikan kapal-kapal mereka.


IMDEX Asia 2013 merupakan ajang pameran pertahanan yang diselenggarakan mulai tanggal 13-18 Mei 2013 di Singapura. TKMS sendiri adalah industri perkapalan yang tergolong baru asal Jerman. Didirikan pada tahun 2005, TKMS setidaknya membawahi empat unit usaha yaitu : 

  1. Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) di Kiel, Jerman (kapal selam)
  2. Blohm + Voss di Hamburg, Jerman (kapal permukaan)
  3. Kockums di Malmö, Swedia (kapal selam dan kapal permukaan)
  4. dan Servis (dukungan purna jual)


Berikut sekilas kapal-kapal selam yang ditampilkan TKMS di IMDEX Asia 2013 yang kesemuanya adalah kapal selam non-nuklir.



HDW kelas 214
HDW kelas 214

HDW Kelas 214 

Non-nuklir HDW kelas 214 adalah kapal selam satu-lambung satu-kompartemen yang dikembangkan berdasarkan prinsip desain kapal selam HDW kelas 209 dan ditambah fitur inovatif dari kapal selam HDW kelas 212A sebagai kapal selam modern dan solusi harga bagi angkatan-angkatan laut di masa depan.

Sistem Air Independent Propultion (AIP) canggih dari kapal selam ini menambah daya tahan di air dan secara signifikan mengurangi risiko terdeteksi. Daya selam ditingkatkan berikut senjata modular dan kombinasi sensor yang efektif untuk menjalankan misi anti-kapal permukaan, anti-kapal selam, intelijen, pengawasan, dan pengintaian serta Operasi Pasukan Khusus. Muatannya yang besar memungkinkan lingkup fleksibel untuk menjalankan misi di pesisir maupun laut lepas.




Data teknis


Panjang total 65 m
Diameter 6,3 m
Bobot 1.700 ton
Tabung torpedo 8
Awak 27




HDW Kelas 216
HDW Kelas 216


HDW Kelas 216



HDW kelas 216 adalah kapal selam multi-misi jarak jauh dengan dua dek, dan memiliki daya tahan luar biasa. Dilengkapi dua kompartemen, tingkat kenyamanan kru tinggi, dan muatan ekstrim untuk senjata dan perlengkapan lainnya. 




Data teknis


Panjang total 89 m
Diameter 8,1 m
Bobot 4.000 ton
Tabung torpedo 6
Awak 33





Kockums A26
Kockums A26

Kockums A26



Berhasil dengan pembanguan kapal selam kelas Kockums Gotland, Kockums A26 adalah kapal selam dari kelas baru dan digadang-gadang akan menjadi salah satu kapal selam yang paling modern di dunia untuk misi-misi di tahun 2020 dan seterusnya. Akan dilengkapi dengan sistem AIP Kockums Stirling yang merupakan salah satu sistem AIP terbaik dan terkuat pada saat ini, sedikit jejak, dan telah digunakan sejak tahun 1989 oleh Angkatan Laut Swedia.





Data teknis


Panjang total 63 m
Diameter 6,4 m
Bobot 1.900 ton
Tabung torpedo ?
Awak 26







Sumber : Artileri

, , ,

0 komentar

Write Down Your Responses