Monday, May 20, 2013

thumbnail

Japan’s AEGIS Destroyers Ordered to Shoot Down North Korean Missiles Overflying Japan

Posted by adien hasanudin  | No comments



Japan has ordered its armed forces to shoot down any North Korean missile headed towards its territory, a defence ministry spokesman says. Japan’s Navy operates four Kongo class destroyers equipped with AEGIS-BMD type anti-air and missile systems, and SM-3 Block IA interceptors, capable of defeating ballistic missiles.

japan’s Defence Minister Itsunori Onodera issued the order, which will see these Aegis destroyers deployed in the Sea of Japan, the defence official said. The official said the order, which was issued on Sunday, was routine and was being kept low-key. “We won’t hold press conferences on this order because of Japan’s policy principle that we will not be swayed by North Korean provocations.
The order followed intelligence indications about North Korea preparations for testsing ballistic missiles soon, tests that could further escalate the tension in the Korean peninsula. The US has already delayed its own missile test because of soaring tensions in Korea.
Kim Jang-Soo, chief national security adviser to South Korean President Park Geun-Hye, said a test-launch by the North, or other provocation, could happen any day now, as Western diplomates were orderred to leave Pyongyang before Wednesday, April 10.
20130408-135855.jpg

Read More»

0 komentar:

thumbnail

EXPEDISI MOROTAI DAN KESIAPAN LAPAN DALAM PELUNCURAN ROKET PEMBAWA SATELIT

Posted by adien hasanudin  | No comments


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) meluncurkan roket pembawa satelit di Kabupaten Morotai, Maluku Utara pada November 2013, karena daerah itu dinilai sangat strategis untuk peluncuran roket satelit itu.

Kepala Bappeda Pulau Morotai, Syamsuddin, di Ternate, Sabtu, mengatakan tim dari Lapan telah melakukan survei lokasi di Pulau Morotai yang akan menjadi titik peluncuran satelit tersebut. "Peluncuran roket dari Lapan sudah dipastikan pada bulan November 2013 di wilayah Sangowo Morotai Timur Kabupaten Pulau Morotai," katanya.

Ia mengatakan tim Lapan dan Bappenas sudah kembali melakukan survei lokasi peluncuran, sehingga peluncuran roket di Sangowo itu ada kepastian pada November mendatang.

Menurut dia, kedatangan tim Lapan bersama Bappenas adalah sebagai mitra kerja untuk meninjau lokasi kepastian peluncuran roket oleh Lapan, sehingga dari Lapan sendiri berharap ada dukungan dari Pemda Morotai untuk kegiatan tersebut. "Dari Lapan meminta ada dukungan dari Pemda dan Pemda sendiri merespons kegiatan peluncuran roket dari Lapan akan dilaksanakan pada bulan November mendatang," katanya.

Untuk peluncuran tersebut nantinya akan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Lapan, sedangkan untuk persiapan-persiapan yang akan dilakukan nanti dipastikan selesai bulan Oktober, mulai dari bangunan untuk operator, VIP, dan beberapa tenda untuk para tim yang akan datang.


PERSIAPAN LAPAN

Indonesia Sebentar Lagi Memiliki Bandar Antariksa di Morotai. Ekspedisi Morotai ini akan membawa citra baik buat tanah air ini,proyeknyaakan dimulai pada 2013 dan bandar antariksa ini diprediksi sudah resmi berdiri pada 2025.

Lapan sudah merencanakan lima sampai dengan enam titik lokasi yang dinilai sangat baik. Morotai memiliki beberapa keunggulan daripada daerah lain di tanah air, yaitu letaknya strategis sehingga lebih ekonomis dan faktor keamanan yang tinggi karena berhimpitan dengan Samudera Pasifik.

Lapan tengah berupaya untuk mewujudkan inovasi nasional dalam pengendalian wahana terbang kecepatan tinggi hingga 1 mach. Namun untuk mencapai ‘lompatan’ inovasi tersebut, LAPAN memulai dengan wahana terbang kecepatan rendah dengan menciptakan unmanned aerial vehicle (UAV). "Salah satunya telah sukses dilakukan uji terbang UAV di kawasan Bintaro dan pemotretan Gunung Merapi menggunakan UAV.

Selain UAV, Lapan juga berhasil mengembangkan wahana terbang LSU-02G2 Lapan. Pesawat ini dapat mengudara secara autonomous dan mampu menempuh jarak sekitar 26 kilometer dengan kecepatan terbang mencapai 90 km/jam. Beberapa keberhasilan lain yang dicapai LAPAN pada 2012 ini ialah program light surveillance aircraft (LSA) dan S-15 Stemme hasil kerja sama dengan TU Berlin, Jerman, persiapan satelit LAPAN A-2 untuk diluncurkan serta inovasi LAPAN A-3 pada 2014 dan LAPAN A-4 pada 2017, pengembangan roket konversi dan Roket Sonda RX-550.










All Pic By Kenyot10 (Kaskuser)

  ● LAPAN  
Read More»

0 komentar:

thumbnail

Russia Challenges the U.S. by Equipping Syria With S-300, Yakhont Missiles

Posted by adien hasanudin  | No comments



The delivery of Russian SS-N-26 coastal defense and SA-21 (S-300 PMU2) air defense missile systems to Syria is significant, since Moscow is providing the Syrian regime the capability to defend from Foreign intervention. Defense-Update reports.

In fact, the Russian weapons are providing Syria a level of defense so that the Russians will not have to send in their military power to defend their strategic assets in Syria. Although Israel may consider this move a potential challenge to its ‘qualitative superiority’, the Russian move is not aimed against Israel, but against the USA and Europe.
By supplying Syria with such weapons Russia is ‘drawing a line in the sand’, to prevent a possible intervention in Syria, as the west have practiced in Iraq in 2003 and in Libya in 2011. Unlike the two countries that gave in to the West, Russia feels Syria is committed to Syria under a defense pact, and is now making this statement clear. Another manifestation of this statement and strategy is growing presence of Russian naval vessels in the Eastern Mediterranean and at Port of Tartus.
This is part of the analysis. More analysis is available for members – Join now!
U.S. sources claim that the current systems are delivered with an upgraded radar, “that makes them more effective, according to American officials who are familiar with classified intelligence reports”. Moreover, the missiles could also only put Israeli assets at risk, but also limit international activities off the Syrian coast, would a U.N. embargo enforced on the Syrian regime. Moscow has repeatedly blocked several initiatives to bring an end to the bloodshed of Civil War in Syria. More recently, investigations about alleged use of chemical weapons in Syria were also derailed by Russian opposition. Russia is determined not to allow NATO and the Western Alliance to “politicize the issue” (off alleged use of Weapons of Mass Destruction – WMD) as was the case of the “Iraqi scenario”. Russia’s foreign minister, Sergey V. Lavrov, said.
Russia regards Syria as one of its longstanding allies in the region. while Moscow is reluctant to intervene in Syria and act forcibly against the rebels, it is apparently providing Basher al Assad all the help they can to remain in power, maintain his military forces and protect, at least parts of the Syrian territory that is important to the Russians and to the Syrian regime – the concentration of Ala’awite minority, along the coastal area and in Northern Syria, and areas along the Lebanese border, including Damascus. Able to keep U.S. and NATO warships at risk would potentially deter possible foreign action, such as maintaining a ‘no fly zone’ or a naval blockade, as part of an embargo like the one implemented by the UN over Libya and Iraq.
At the United Nations, the Russians recently blocked proposals that the Security Council mount a fact-finding trip to Jordan, Turkey and Lebanon to investigate the burgeoning flood of refugees, according to Western diplomats.
Source: Defense-Update
20130519-081557.jpg

Read More»

0 komentar:

thumbnail

MRH90 Multirole Helicopter, Australia

Posted by adien hasanudin  | No comments



MRH90 helicopter


The MRH90 helicopter is the Australian version of the 10t class NH90 multirole helicopter. Australian Aerospace, a subsidiary of Eurocopter, manufactures the MRH90. The helicopter will replace the ageing Black Hawk and Sea King fleet of the Australian Army and Navy.
The MRH90 is being inducted into one special operations support squadron and one maritime support helicopter squadron of the Australian Defence Force (ADF). These squadrons provide tactical air mobility and maritime support from land bases and Canberra Class amphibious assault ships. The helicopter can fully interoperate with Nato forces.

Air 9000 programme orders and deliveries

"The MRH90 is being inducted into one special operations support squadron and one maritime support helicopter squadron."
The Australian Ministry for Defence initially approved the purchase of 12 MRH90 helicopters under the Air 9000 programme in August 2004. The contract was signed in June 2005.
Australia ordered 34 additional helicopters in June 2006, bringing the total orders of MRH90s to 46. The deliveries are scheduled to conclude by 2014.
The Australian Armed Forces received the first two MRH90 helicopters in December 2007. The ADF grounded the fleet of MRH90 in April 2010 due to the failure of an engine in one MRH90 helicopter. The flight operations wereresumed in July 2010.
Australian Aerospace signed an agreement with Australia in November 2011 to resolve the identified flaws in MRH90 for ensuring timely deliveries of the helicopters. The 15th MRH90 helicopter was handed over to the ADF in December 2011.

MRH90 design feature, cockpit and avionics

The MRH90 features a full composite, crash-worthy fuselage integrating a constant central cross section. It incorporates crash-worthy capabilities based on MIL-STD-1290A. The structure offers protection up to a speed of 10m/s when landing gear is extended and up to 7m/s with retracted landing gear.
"The Australian Ministry for Defence initially approved the purchase of 12 MRH90 helicopters under the Air 9000 programme."
The forward section of the fuselage contains the cockpit and the centre fuselage integrates a spacious, unobstructed cabin. The cabin is fitted with a sliding door on both sides and a ramp at rear. The cabin offers sufficient room to house 20 crash-worthy troop seats or up to 12 stretchers.
The MRH90 measures 16.13m in length and 5.23m in height. The maximum take-off weight of the helicopter is 10,600kg. The helicopter can carry two pilots and 20 fully-equipped combat troops.
The full glass cockpit of MRH90 houses two crash-worthy seats for the pilot and co-pilot. It is also fitted with a foldable crash-worthy jump seat for an additional crew member. The instrument panel is installed with five 8"x 8" colour multifunction displays (MFD). The information related to flight, mission, systems and maintenance is displayed on any preferred display.
The avionics suite of the helicopter is composed of core avionics system and the mission system. The core system includes the all fundamental systems, which are essential to manage the basic aircraft capabilities. The mission system allows the management of tactical communications, flight planning and mission equipment deployed in different missions.
The redundant fly-by-wire (FBW) flight control system of the MRH90 enhances manoeuvrability and reduces the workload of pilots. The helicopter integrates a Monitoring and Diagnostic System (MDS) to check the operation of various equipment and sub-systems. The MRH90 is also equipped with weather radar and forward looking infrared (FLIR).

Multirole helicopter engines and landing gear

The MRH90 helicopter is powered by two Rolls-Royce Turbomeca RTM322-01/9 turboshaft engines. Each engine develops a maximum power of 1,662kW (2,230shp). The engines drive a four-bladed main rotor featuring a titanium main rotor hub. The high positioned tail rotor is combined with the main transmission for anti-torque function.
The helicopter is fitted with a tricycle type retractable landing gear including two single-tire main units and a twin-wheel nose unit. The main units retract into the centre fuselage, while the twin steering wheel pulls back into the forward fuselage.

Performance of the Australian helicopter

The operating service ceiling of the MRH90 helicopter is 20,000ft. The helicopter can climb at rate of 8m/sec and can fly at a maximum speed of 300km/h. The range of the helicopter is 800km. The flight range can be further increased with the addition of external fuel tanks.
Seahawk helicopter
The Global Military Rotorcraft Market 2011-2021
This project forms part of our recent analysis and forecasts of the global military rotorcraft market available from our business information platform Strategic Defence Intelligence. For more information click here or contact us: EMEA: +44 20 7936 6783; Americas: +1 415 439 4914; Asia Pacific: +61 2 9947 9709 or via email.

Related content


ASLAV-25 Light Armoured Vehicle, Australia

The Australian light armoured vehicle (ASLAV) is manufactured by General Dynamics Land Systems Australia for the Royal Australian Army.

Bushmaster Infantry Mobility Vehicle, Australia

The Bushmaster 4×4 armoured vehicle is currently deployed in Afghanistan with the Australian Army.

MRH90 multirole helicopter is an Australian version of the NH90 helicopter.
Internal cockpit view of a Royal Australian Navy MRH90 multirole helicopter.
A close front view of the Australian MRH90 multirole helicopter.
An MRH90 multirole helicopter stationed on the rear deck of HMAS Manoora.
Read More»

0 komentar:

thumbnail

CHINA MILIKI LEBIH DARI 40 HANGAR BAWAH TANAH !

Posted by adien hasanudin  | No comments




Hangar bawah tanah China
Salah satu jet tempur China Shenyang J-8 Finback yang ditarik masuk ke salah satu hangar bawah tanah
Korea Utara bukanlah satu-satunya negara di Asia Timur yang membangun fasilitas pangkalan/hangar bawah tanah. China juga memiliki hangar bawah tanah dengan jumlah yang fantastis, yaitu sekitar 40 atau lebih dan mungkin menjadi yang terbanyak di dunia. Kapasitas dari seluruh hangar bawah tanah China ini setidaknya bisa untuk "melindungi" 1.500 pesawat.

Pada tahun 2011, kapasitas 1.500 ini mewakili lebih dari jumlah pesawat tempur modern yang dioperasikan oleh China, yang berarti memberikan China kemampuan untuk melindungi aset terbaiknyadalam setiap konflik besar di mana pesawat lawan akan berusaha untuk menyerang pangkalan udara China. 

China memulai pembangunan 40 atau lebih hangar bawah tanah ini pada tahun 1950 (kemungkinan dengan bantuan ilmuwan Uni Soviet). Disinilah China banyak menyimpan armada-armada terbarunya, meskipun beberapa diantara pangkalan ini tidak lagi difungsikan sebagai fasilitas militer dan dibuat sebagai museum yang dibuka untuk umum.

Tentu saja pesawat-pesawat yang disimpan tersebut tidak langsung terbang ketika sudah keluar dari pintu hangar. Untuk lepas landas dan mendarat, masih dilakukan seperti biasa yaitu harus keluar dulu dari hangar. Pangkalan semacam ini lebih sebagai area penyimpanan, pemeliharaan, stok bahan bakar, amunisi, dan pemeliharaan dan perbaikan semua peralatan di lapangan terbang. Untuk ukuran pintu masuknya pun beragam, mulai dari belasan meter hingga 40-an meter. Pesawat tempur modern umumnya sudah memiliki sayap lipat, jadi pintu hangar yang belasan meter sudah cukup untuk dilaluinya.

Keberadaan hangar-hangar bawah tanah ini tentu akan menyulitkan bagi siapa pun untuk menghancurkan pesawat-pesawat China yang tidak sedang terbang. Landasan pacu dan fasilitas lapangan terbang lainnya memang bisa rusak/hancur karena serangan dari udara, namun teknisi lapangan udara berikut peralatan perbaikannya dari dalam hangar akan dengan cepat memperbaiki kerusakan tersebut.

Hangar bawah tanah China

Infrastruktur bawah tanah semacam ini memang terbukti sangat survivable saat Perang Dunia II, kala itu Jerman membangun sejumlah lini produksi bawah tanah untuk bahan kritis rudal balistik dan pesawat tempur. Fasilitas ini terbukti sangat tahan terhadap pemboman yang menggunakan amunisi terarah standar.

Untuk alasan inilah Amerika Serikat dan beberapa negara lain seperti Inggris mengembangkan sejumlah bom tanah yang bisa menembus fasilitas bawah tanah, biasanya bom semacam dijuluki dengan "bunker buster" atau juga "earthquake (gempa)" . Bom "bunker buster" selama ini hanya sering dikaitkan dengan fasilitas-fasilitas bawah tanah milik Iran, namun sesungguhnya Korea Utara dan China memiliki fasilitas militer bawah tanah yang jauh lebih dalam dari permukaan tanah. Hingga kini AS terus mengembangkan bom penetrasi tanah dan terus berupaya memperoleh data baru mengenai pembangunan fasilitas-fasilitas bawah tanah China.

Pintu hangar bawah tanah China

Basis-basis bawah tanah seperti ini tentunya akan memberikan perlindungan yang baik dari serangan-serangan mendadak skala besar, sekaligus memberikan China keunggulan dalam perang yang lama. Kalau AS biasa meggunakan pangkalan udara bisaa (tidak bawah tanah) dan tidak semua pesawat juga berada di situ. China juga banyak memproduksi rudal balistik yang membawa hulu ledak seberat setengah ton dengan rentang 300-700 kilometer. Ada hampir 2.000 rudal jenis ini yang kapanpun bisamenghantam lapangan-lapangan udara negara-negara tetangga. Rudal-rudal ini mudah dimobilisasi dan juga memiliki tempat penyimpanan di bawah tanah. Banyaknya tempat-tempat penampungan bawah tanah seperti ini jelas telah meningkatkan kemampuan kekuatan udara China.

All Photos : Chinese Internet via Aus Air Power

Read More»

0 komentar:

thumbnail

TURKI SEGERA GUNAKAN HELIKOPTER SERANG T-129 ATAK BUATAN DALAM NEGERI

Posted by adien hasanudin  | No comments




Helikopter serang T-129 ATAK
Helikopter serang T-129 ATAK (Foto : Turkish Aerospace Industries)
Angkatan Darat Turki sedang dalam masa penantian untuk menerima helikopter serang pertama buatan dalam negeri "T-129 ATAK." Berbicara saat pameran pertahanan IDEF 2013 di Istanbul, perwakilan pabrik helikopter ini mengatakan bahwa Angkatan Darat Turki akan menerima pengiriman helikopter pertama dalam beberapa minggu ke depan.

Empat helikopter serang T-129A sekarang siap untuk secara resmi diserahkan kepada Angkatan Darat dan awalnya akan digunakan untuk melatih para pilot dan staf pemeliharaan. Selain empat helikopter ini, tiga helikopter lainnya saat ini tengah menjalani uji coba.

Turkish Aerospace Industries (TAI), kontraktor utama program helikopter serang ini, telah meningkatkan produksi helikopter T-129 menjadi satu helikopter per bulan, dan produksi akan terus meningkat hingga total pengiriman 59 helikopter selesai pada 2018.

Dua prototipe telah diproduksi dan akan dijadikan sebagai bahan penelitian untuk berbagai kemungkinan pilihan upgrade. Secara total, program helikopter serang ini telah mencapai 2500 jam terbang.

T-129, adalah helikopter serang dengan dukungan termasuk roket, senjata dan perlengkapan peperangan elektronik terintegrasi. Pengembangan terus dilakukan pada helikopter ini. Akhirnya muncul T-129B yang dilengkapi dengan integrasi rudal Cirit dan UMTAS. T-129B yang pertama akan memulai uji kualifikasi pada pertengahan 2013 nanti dan produksi penuhnya dijadwalkan akan dimulai pada 2014. Untuk tes IR-guided UMTAS dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli.


T-129 ATAK
T-129 ATAK (Foto : Turkish Aerospace Industries)


Karakteristik Umum T-129 ATAK
Kru
2 (Pilot dan co-pilot/gunner)
Panjang
13,45 m
Diameter rotor
11,9 m
Tinggi
3,4 m
Maksimal lepas landas
5 t
Mesin
2 × LHTEC CTS800-4A turboshaft (masing-masing 1,361 shp)
Sistem rotor
5 blade (pisau/baling) di rotor utama

Performa
Kecepatan
269 km/jam
Jangkauan
561 km
Service ceiling
6, 096 km
Rate of climb
14 m/dtk

Persenjataan
Senjata
1x20 mm kanon tipe gatling tiga laras (500 rounds)
Roket
4 pods dengan
-       38x81 mm roket tanpa bimbingan (unguided)
-       76x70 mm roket tanpa bimbingan
-       12,7 mm pod senapan mesin
Rudal
-       8× AGM-114 Hellfire, BGM-71 TOW, Hydra 70, Spike-ER, UMTAS, rudal Roketsan Cirit anti-tank dan anti-lapis baja,dan Sura D/Snora
-      4-8× AIM-92 Stinger atau Mistral atau rudal anti-pesawat AIM-9 Sidewinder


Sebenarnya T-129 ini bukan murni desain Turki. TAI bekerjasama dengan pabrikan helikopter Agusta Westland (Inggris-Italia). Ini lebih kepada versi turunan dari Agusta A129 Mangusta. Dilihat dari tampilan, kedua heli ini hampir tidak memiliki perbedaan
.
Read More»

0 komentar:

thumbnail

Lomba Senjata China Versus Amerika Serikat

Posted by adien hasanudin  | No comments




Hanya dalam masa satu generasi saja, kini Negeri Tirai Bambu telah bertransformasi dari negeri agraris terbesar menjadi negeri yang memiliki kekuatan industri dan perdagangan yang sangat kuat. Perekonomian China saat ini 20 kali lebih besar dari pada 20 tahun yang lalu dan kini mulai mendekati kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang merupakan negara dengan perekonomian terkuat saat ini.

 Tetapi hal lain yang juga perlu menjadi perhatian disamping kekuatan perekonomian yang luar biasa pesatnya adalah kenyataan bahwa pemerintah China saat ini juga secara aktif tengah membangun kekuatan militer mereka.

 Sepuluh tahun yang lalu, budget yang dialokasikan untuk Tentara Pembebasan Rakyat China (People's Liberation Army) adalah sekitar 20 milyar dollar. Dan saat ini, sejumlah analis memperkirakan budget kemiliteran tersebut telah hampir mencapai 160 milyar dollar.

 Presiden China Hu Jin Tao menyatakan bahwa saat ini Tentara Pembebasan Rakyat China tengah mengemban misi bersejarah baru diabad 21. Dari tugas menjaga kedaulatan Negara China menjadi tentara berkekuatan global agar dapat menjadi negara super power sejati.

 Dalam beberapa kejadian yang lalu kehadiran tentara China memang dapat berjalan seiring dengan militer Amerika Serikat seperti pada saat China bergabung dalam patroli anti bajak laut di laut Somalia.

 Tetapi sejumlah analis mengkhawatirkan jika suatu saat kedua kekuatan tersebut bertemu di suatu kondisi dengan tujuan yang saling beseberangan. Maka yang terjadi akan sangat riskan karena kedua negara tersebut sama-sama memiliki teknologi militer yang terbaik dewasa ini.

 Pejabat pemerintahan Amerika Serikat tidak hanya menghawatirkan besarnya budget militer China, tetapi juga adanya kenyataan bahwa militer China saat ini memiliki kemampuan teknologi militer yang hampir setaraf dengan Amerika Serikat.


Sebagai contoh, selama ini Amerika berpendapat bahwa pesawat tempur F-22 dan F-35 adalah pesawat-pesawat tempur generasi kelima yang hanya dimiliki Amerika Serikat saja (kedua jenis pesawat ini adalah pesawat-pesawat yang memiliki kemampuan anti terlacak radar, berkemampuan mesin dan sistim kontrol penerbangan yang terhebat, serta memiliki sistem komputer jaringan khusus). Tetapi, pada tahun 2011, saat menteri pertahanan Amerika Serikat Robert Gates berkunjung ke China, Presiden China Hu Jin Tao menyambutnya dengan menampilkan pertunjukan penerbangan pesawat tempur J-20 di atas kota Cheng Du (Ini baru satu jenis pesawat anti radar yang tidak dirahasiakan, bagaimana dengan yang lain?).


Yilong
China juga kini aktif mengembangkan pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle). Contohnya pesawat Yilong I (Pterodactyl) dan BZK-005 yang keduanya memiliki spesifikasi persis dengan Predator dan Global Hawk milik militer Amerika Serikat. Sebelum kedua pesawat ini diperkenalkan, China juga tercatat memiliki pesawat tanpa awak yang oleh pihak barat dijuluki sebagai Dark Sword. Dark Sword ini pertama kali terdeteksi pihak barat pada tahun 2006 yang lalu dan diperkirakan mampu melakukan perjalanan tanpa awaknya jauh dari wilayah China. Dan untuk mendukung kekuatan pesawat tempur mereka, musim panas yang lalu pemerintah China telah mengumumkan pembangunan 11 pangkalan udara baru di sepanjang pantai China.

 Sebagai tambahan, jika sebelumnya hanya Amerika Serikat yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan kapal induk yang penuh dengan pesawat siap tempur kesetiap penjuru bumi, China kini diketahui telah membeli kapal induk milik mantan Uni Soviet berukuran 65 ribu ton dengan memanfaatkan suatu Travel Agen palsu sebagai perusahaan pembelinya. Kapal induk tersebut diketahui kini telah dilengkapi dengan mesin dan persenjataan baru termasuk dalam hal ini sejumlah rudal permukaan ke udara yang oleh pihak barat dijuluki Flying Leopard (Singa Terbang) dan sistem pertahanan udara otomatis. Kapal induk tersebut kini bernama Liao Ning mampu mengangkut 50 unit pesawat jet tempur Shen Yang J-15 'Flying Shark' (Hiu Terbang). Jet tempur ini berkemampuan sebanding dengan Jet Tempur Amerika Serikat jenis F-18.

 Dan sebagai perkembangan teknologi untuk Angkatan Darat China, pemerintah China kini juga telah memiliki sejumlah rudal jarak jauh yang berkode DF-21D. Rudal ini dapat diluncurkan dari truk khusus, sehingga dapat dimobilisasi dengan cepat. Pihak barat menjulukinya sebagai Carrier Killer.

 Disamping itu, secara rahasia, China diketahui tengah menyiapkan sejumlah kapal perusak anti deteksi radar yang masing-masing berukuran 8 ribu ton dan sejumlah kapal selam nuklir serta sejumlah kapal peluncur kendaraan amphibi.

 Kabar terbaru menyatakan bahwa China baru saja meluncurkan kapal penjelajah baru berukuran 36 ribu ton bernama Bahai Sea Green Pearl yang mampu mengangkut 2 ribu prajurit beserta 300 kendaraan tempurnya. Dalam hal ini China menyatakan bahwa kini mereka siap mendukung misi keamanan PBB meskipun pasukan mereka harus berada di pedalaman Afrika atau Amerika Selatan.

 Perlu diketahui bahwa hingga saat ini, sistem informasi militer dan pemerintahan Amerika Serikat 80% mengandalkan satelit dan GPS.

 Sementara itu, China diketahui tengah mengembangkan sejumlah satelit mikro yang mampu bertindak sebagai pesawat 'kamikaze' sehingga mampu merontokkan satelit manapun yang dipandang sebagai bahaya bagi China dengan cara menabrakkan diri ke satelit lawan. Disamping itu di permukaan bumi pun China tengah mengembangkan sejumlah senjata laser yang dapat melelehkan satelit manapun yang dianggap sebagai musuh yang melintas di wilayah udara China.

 Kolonel Senior Yao Yun Zhu dari Chinese Academy of Military Science menyatakan bahwa kini Amerika Serikat bukanlah satu-satunya negara dengan kekuatan super power di ruang angkasa. China tengah menyiapkan pengiriman lebih dari 100 satelit militer dan sipil dalam dekade ini dengan menggunakan pesawat ruang angkasa pengirim tanpa awak dan dapat dipakai ulang. Pesawat ruang angkasa tersebut bernama Shen Long.

 Dalam hal perang 'Cyber', China juga mengembangkan suatu sistem yang disebut sebagai Informationized Warfare (Peralatan Perang Sistem Informasi). Jika Amerika Serikat memiliki Cyber Command, China kini tengah melatih sejumlah 130.000 personil untuk perang sistem informasi.


X47B
Sementara itu, minggu lalu, Angkatan Laut Amerika Serikat telah selesai melaksanakan uji penempatan pesawat X-47B di kapal induk bertenaga nuklir kelas Nimitz USS Harry S Truman. X-47B adalah pesawat jet tempur tanpa awak (Unmanned Combat Air System / UCAS) buatan Northrop Grumman Amerika Serikat.

 Uji coba ini dimulai tanggal 26 November 2012 yang lalu. Dalam uji coba kali ini masih belum meliputi tes lepas landas dan mendarat di kapal induk tersebut. Uji coba kali ini antara lain bertujuan melakukan pengetesan tata cara pengangkutan dan penempatan pesawat khusus ini di kapal induk, penarikan di geladak dengan traktor pemindah, pengarahan posisi dengan kontrol operator menggunakan katrol, dan pengetesan sistem digital mesinnya dalam area yang dipenuhi gelombang elektromagnet.

 Kembali ke pembahasan teknologi militer China dan Amerika Serikat, kedua negara ini sama-sama memiliki persenjataan nuklir. Tetapi kedua belah pihak diperkirakan tak akan menggunakan itu semua karena kedua belah pihak sama-sama mengetahui bahwa penggunaan senjata nuklir adalah sama saja dengan bunuh diri, mengingat efek senjata nuklir tidak hanya menghancurkan lawan tetapi radiasinya juga dapat menghantam diri sendiri dan pihak lain yang tidak terlibat.

 Dan hingga saat ini, tak satupun negara di dunia ini memiliki kesiapan cukup untuk menghadapi perang nuklir. Walau pun semua negara pemilik senjata nuklir juga telah membangun bunker-bunker tahan radiasi nuklir, tak satu pun bunker-bunker tersebut terjamin 100% aman dari radiasi radio aktif. Dan bunker-bunker tersebut juga tak akan mampu menampung semua warga negara pemilik senjata-senjata nuklir tersebut.
 Sehingga, justru yang menjadi kekhawatiran Amerika Serikat adalah persenjataan-persenjataan non nuklir pihak China.

 Memang saat ini Amerika Serikat dan China terikat dalam banyak kesepakatan perdagangan dan investasi. Tetapi seperti di uraikan sebelumnya, akan selalu ada kemungkinan kedua pihak ini dapat memiliki kepentingan yang saling berseberangan, dan ini bersifat sangat riskan meskipun kedua pemerintahan menyatakan bahwa perselisihan yang mungkin terjadi antar dua negara akan menimbulkan efek merugikan yang sangat besar bagi kedua belah pihak sehingga mereka akan selalu berusaha menghindari konfrontasi langsung.

 Mungkin itu juga sebabnya saat sejumlah laporan intelijen menunjukkan bahwa pesawat mata-mata Iran RQ-170 yang jatuh di perbatasan Iran baru-baru ini ternyata dibuat dengan bekerjasama dengan sejumlah ilmuwan China, pemerintah Amerika Serikat memilih untuk tidak banyak berkomentar.

 Memang dalam banyak hal Amerika Serikat perlu sangat berhati-hati dalam menghadapi China. Karena, berbeda dengan Uni Soviet dulu yang merupakan gabungan dari banyak negara-negara komunis yang 'terpaksa' bersatu dalam Persatuan Soviet dan terdiri dari banyak ras suku bangsa sehingga relatif mudah dipecah-belah. China sejak zaman dahulu adalah negeri tunggal yang secara ras cukup homogen.

 Selain itu, di Amerika Serikat sendiri sejak zaman koboy sudah banyak orang-orang keturunan China yang sulit dibedakan mana yang keturunan China Sosialis dan mana yang Kapitalis. Berbeda dengan Negara China, dimana keberadaan orang kulit putih sangat mudah di tandai.

Sumber : Tulisan Peter W.Singer di www.popularscience.com dan tulisan David Szondy di www.gizmag.com. Gambar-gambar peralatan militer China karya Nick Kaloterakis di www.popularscience, foto pesawat X-47B merupakan properti US Navy


Read More»

0 komentar:

thumbnail

How Radar Works (bag1)

Posted by adien hasanudin  | No comments



Operation Specialist 2nd Class Gilbert Lundgren operates radar equipment in the combat information center of the USS Carney.


Radar is something that is in use all around us, although it is normally invisible. Air traffic controluses radar to track planes both on the ground and in the air, and also to guide planes in for smooth landings. Police use radar to detect the speed of passing motorists. NASA uses radar to map the Earth and other planets, to track satellites and space debris and to help with things like docking and maneuvering. The military uses it to detect the enemy and to guide weapons.
Meteorologists use radar to track storms, hurricanes and tornadoes. You even see a form of radar at many grocery stores when the doors open automatically! Obviously, radar is an extremely useful technology.
When people use radar, they are usually trying to accomplish one of three things:
  • Detect the presence of an object at a distance - Usually the "something" is moving, like an airplane, but radar can also be used to detect stationary objects buried underground. In some cases, radar can identify an object as well; for example, it can identify the type of aircraft it has detected.
  • Detect the speed of an object - This is the reason why police use radar.
  • Map something - The space shuttle and orbiting satellites use something called Synthetic Aperture Radar to create detailed topographic maps of the surface of planets and moons.
All three of these activities can be accomplished using two things you may be familiar with from everyday life: echo and Doppler shift. These two concepts are easy to understand in the realm of sound because your ears hear echo and Doppler shift every day. Radar makes use of the same techniques using radio waves.
In this article, we'll uncover radar's secrets. Let's look at the sound version first, since you are already familiar with this concept.





Echo

Echo is something you experience all the time. If you shout into a well or a canyon, the echo comes back a moment later. The echo occurs because some of the sound waves in your shout reflect off of a surface (either the water at the bottom of the well or the canyon wall on the far side) and travel back to your ears. The length of time between the moment you shout and the moment that you hear the echo is determined by the distance between you and the surface that creates the echo.

Read More»

0 komentar:

thumbnail

TNI TINJAU PERBAIKAN HERCULES C130-H HIBAH AUSTRALIA

Posted by adien hasanudin  | No comments



Selama periode 8 hingga 10 Mei 2013, Marsda TNI Sumarno selaku Komandan Pemeliharaan dan Materil Angkatan Udara (Dankoharmatau) melakukan kunjungan kerja ke Markas Angkatan Udara Australia di Richmond dan Markas Angkatan Udara Australia di Williamtown, New South Wales, Australia. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari pengembangan hubungan antar TNI-AU dan Royal Australian Air Force (RAAF) di bidang pemeliharaan dan keselamatan penerbangan. 


Pada tanggal 8 Mei 2013, Marsda TNI Sumarno bertemu dengan staf teknik dan logistik yang telah mendukung program C130H untuk RAAF. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan paparan kepada Dankoharmatau tentang sistem pendukung untuk empat pesawat C130H yang akan dipindahkan dari pihakAustraliake pihakIndonesia. Paparan tersebut juga termasuk memberikan informasi tentang pelaksanaan perbaikan yang dilakukan pada pesawat sebelum diserahkan kepadaIndonesia.


Setibanya di RAAFRichmond, Marsda TNI Sumarno disambut oleh Commander Air Lift Group, Marsma Gary Martin. Selama pertemuan mereka, Marsma Martin memberikan paparan singkat kepada Marsda TNI Sumarno tentang sejarah armada C130H dalam melaksanakan tugasnya untuk Australiadan berbicara secara mendalam tentang peran penting pesawat tersebut selama bermain dalam operasi di seluruh dunia dan juga dalam hubungan bilateral antara Australia dan Indonesia.


Marsda TNI Sumarno melakukan tur ke hangar di mana armada C130H sedang dalam proses diperbaharui oleh Qantas Defence Services (QDS) sebelum dialihkan kepada pihak TNI-AU. Beliau ditunjukkan pesawat pertama yang telah dipersiapkan untukIndonesiayang telah diberikan tanda Angkatan Udara RepublikIndonesia.


Beliau terkesan dengan kondisi pesawat tersebut dan pesawat lainnya yang akan diperbaiki oleh QDS pada masa depan. Diharapkan bahwa pesawat pertama dapat siap dikirim keIndonesiapada akhir Juli 2013 dan pesawat terakhir akan diserahkan sebelum Oktober 2014. Marsda TNI Sumarno mengatakan bahwa ia sangat tertarik untuk lebih mengembangkan dan memperkuat hubungan antara Koharmatau, Angkatan Udara Australia dan QDS untuk menjamin pengiriman semua empat pesawat akan siap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan telah sesuai dengan praktek terbaik dunia untuk kelayakan udara dan keselamatan penerbangan.


Pada 09-10 Mei, Dankoharmatau melakukan kunjungan lebih lanjut di RAAF Richmond dan RAAF Williamtown untuk mengamati proyek perbaikan hangar di sejumlah markas yang dapat digunakan sebagai contoh untuk proses perbaikan hangar yang sedang dilakukan di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, yang di sponsori oleh Australia-Indonesia aviation safety joint working group. Kunjungan tersebut dilakukan pada sejumlah hangar pemeliharaan untuk pesawat C130, F/A-18 dan Hawk 100 termasuk fasilitas untuk mengecat pesawat.


Beliau juga turut mengunjungi fasilitas pemeliharaan pesawat Hawk 100 untuk membahas masalah kelayakan udara serta pekerjaan terpenting dalam pencegahan korosi pada pesawat.


Sebagai hasil dari kunjungan ini, Marsda TNI Sumarno menunjukkan keinginannya untuk Koharmatau menjadi lebih erat terlibat pada proses serah-terima C130H dariAustraliauntukIndonesiadan pada bidang aviation safety joint working group. 






Sumber : Ikahan
Read More»

0 komentar:

thumbnail

PT DI SIAP RAMPUNGKAN 18 PESAWAT TAHUN INI

Posted by adien hasanudin  | No comments



PT Dirgantara Indonesia (DI) menargetkan bisa merampungkan pembuatan 18 unit pesawat sepanjang tahun ini. Sejumlah pesawat yang beberapa diantaranya pesanan TNI tersebut merupakan hasil kontrak tahun lalu.
 
Sonny Saleh Ibrahim, Direktur Bidang Kualitas sekaligus Manager Komunikasi Dirgantara Indonesia, mengatakan ke-18 pesawat tersebut yaitu CN 295 pesanan TNI AU sebanyak 3 unit. Lalu, CN 235 patroli maritime untuk TNI AL sebanyak 3 unit, NC 212 untuk TNI AU mencapai 2 unit, dan 1 unit helikopter Super Puma NAS 332 untuk TNI AU.


"Selanjutnya, ditambah 6 unit helikopter Bell 412 EP bagi TNI AD yang kami serahkan beberapa waktu silam," kata Sonny. Khusus pemesanan TNI, Sonny menegaskan, pihaknya terus menyelesaikannya hingga 2015. Jenis pesawatnya adalah CN, Super Puma, dan helikopter Cougar.


Target Kontrak


Sementara, tahun ini PT DI memproyeksikan nilai kontrak yang bakal diperoleh perseroan hanya tembus Rp 4,24 triliun. Sonny mengakui bahwa proyeksi kontrak tahun ini lebih kecil daripada realisasi tahun lalu.


Pada 2012, total nilai kontrak PT DI mencapai Rp 7,9 triliun. Kontrak-kontrak tahun lalu berupa pengadaan pesawat bagi TNI. Selain itu juga termasuk pemesanan pesawat beberapa negara.


Tahun lalu, kata Sonny, kontrak terbesar merupakan pengadaan pesawat CN dan helikopter. Nilainya, sekitar Rp 7,5 triliun. Kemudian pihaknya memperoleh kontrak sektor lainnya yang bernilai total Rp 385 miliar.


"Kontrak Rp 385 miliar itu bersumber pada aircraft service senilai Rp 104 miliar, komponen pesawat komersil sejumlah Rp 216 miliar, dan alutsista engineering seharga Rp 65 miliar," tuturnya.





Sumber : Tribunnews
Read More»

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Random Post

Random Post

Random Post

Random Post

Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top