Cara Kerja Mesin Uap Dalam Menggerakkan Komponen



Mesin uap adalah sebuah teknologi mesin yang cukup penting dalam perkembangan sejarah industri dan transportasi. Mesin uap menggunakan energi panas dan tekanan dari uap air yang kemudian dikonversi menjadi tenaga mekanis untuk menggerakkan sebuah piston untuk menggerakkan roda atau gerigi. 
Mesipun saat ini sudah tidak digunakan lagi, namun mesin uap menyimpan banyak konsep teknologi yang dipakai sebagai acuan perkembangan teknologi saat ini terutama dalam bidang industri dan transportasi.

Mesin uap telah dikembangkan sejak abad ke 17 dan terus berkembang hingga mencapai masa kejayaannya di awal abad ke 19. Dimana saat itu sebagian besar dari prime mover atau mesin penggerak utama dalam bidang industri dan transportasi seperti kapal laut dan kereta api menggunakan mesin uap. Kala itu mesin uap sangat diandalkan sebagai teknologi yang sangat berguna untuk menjalankan roda perekonomian.

Mesin uap tergolong sebagai sebuah teknologi yang masuk ke dalam jenis pesawat kalor. Yaitu sebuah peralatan yang dipakai untuk mengubah energi termis berupa bahan bakar menjadi energi mekanis melalui proses pembakaran. 
Secara lebih spesifik mesin uap termasuk pada jenis pesawat kalor External Combustion Engine atau proses pembakaran terjadi diluar peralatan dan hanya mengubah tenaga termis menjadi tenaga mekanis. Yang termasuk ke dalam pesawat kalor ECE ini adalah mesin uap dan turbin uap. Turbin uap sendiri hingga saat ini masih banyak dipakai di sebagian besar pembangkit listrik di seluruh dunia.

Cara kerja mesin uap secara lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Mesin uap
Sebuah mesin uap memiliki cylinder yang didalamnya terdapat piston dengan piston rod yang menghubungkannya dengan cross head yang ada di luar cylinder. Cross head kemudian dihubungkan pada crank shaft dengan connecting rod, sehingga saat piston bergerak maju mundur akan menyebabkan crank shaft berputar. 
Perputaran crank shaft juga menyebabkan pergeseran dari katup atau valve yang mengatur masuk dan keluarnya uap air bertekanan tinggi. Uap air dengan tekanan tinggi akan masuk dan keluar melalui jalur yang telah ditentukan sehingga akan terjadi siklus yang menyebabkan gerakan secara stabil. 
Gerakan piston mesin uap tersebut mempunyai prinsip yang hampir sama dengan fungsi piston pada mesin modern namun dengan sistem pembakaran yang berbeda.

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses