Sinar Laser : Sejarah Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan


Sinar laser merupakan salah satu teknologi yang sudah sangat sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di kehidupan nyata, beberapa film di televisi juga kerap menampilkan sinar laser, misalnya sebagai senjata seorang super hero. Namun manfaat sinar laser sebenarnya bukan hanya ada di dalam film-film saja, di dunia nyata ternyata sinar yang sering digambarkan mempunyai warna merah ini juga memiliki banyak manfaat.

Laser sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Dari namanya tersebut sinar laser berarti membuat berkas cahaya yang lemah menjadi lebih kuat (amplify). Sinar laser sebenarnya adalah penyatuan dari beberapa berkas cahaya yang mempunyai panjang gelombang yang sama persis sehingga bisa bergerak ke arah yang sama tanpa mengalami penyebaran dan pelemahan.
sinar laser


Sejarah perkembangan sinar laser


Saat awal ditemukan, para ilmuwan tidak menyebutnya dengan nama sinar laser tetapi MASER (Microwave Amplification by the Stimulated Emission of Radiation). Sedangkan orang yang pertama kali disebut sebagai pencetus teori tentang keberadaan maser adalah Albert Einstein sekitar tahun 1916-1917. Ilmuwan pencipta teori relativitas itu pula lah yang menjadi orang pertama yang mengatakan bahwa tidak hanya gelombang elektromagnetik saja yang ada pada seberkas sinar, tetapi juga ada muatan partikel dan energi. Namun terbatasnya teknologi kala itu belum mampu mewujudkan teori Einstein tentang maser sehingga banyak juga ilmuwan yang menganggapnya mengada-ada.

Maser pertama baru bisa dibuat dan dipublikasikan pada tahun 1954 oleh Charles H. Townes, James Gordon, dan Herbert Zeiger yang memanfaatkan  gas amoniak untuk membuatnya. Perkembangan selanjutnya mengarah pada pembuatan maser optik atau kemudian dikenal dengan laser. Di sinilah awal terciptanya perangkat yang bisa menghasilkan sinar laser

Alat yang menghasilkan sinar laser ini pertama kali dibuat pada tahun 1960 oleh Theodore Maiman dengan memanfaatkan batu Ruby. Namun belakangan diketahui bahwa Maiman bukan orang pertama yang berhasil menciptakan sinar laser. Karena pada tahun 1958 Gordon Gloud telah berhasil menciptakannya dan sekaligus menjadi orang pertama yang memakai istilah LASER.


Manfaat sinar laser


Penggunaan sinar laser dalam kehidupan sehari-hari kini juga telah sangat beragam. Misalnya dalam dunia kecantikan, sinar laser digunakan untuk menghaluskan kulit atau menghilangkan bekas luka, memperbaiki kornea mata, melakukan pembedahan secara presisi, dll. Sedangkan pada bidang industri sinar laser sering digunakan untuk melakukan pemotongan besi, pengelasan, atau pengeboran. Sinar laser juga digunakan dalam berbagai perangkat elektronik yang sering kita gunakan sehari-hari seperti DVD Player, printer laser, barcode scanner, dan lain-lain.


, ,

0 komentar

Write Down Your Responses