KEMHAN BELI 6 SISTEM PERTAHANAN UDARA OERLIKON SKYSHIELD


Oerlikon Skyshield
Oerlikon Skyshield
(Foto Rheinmetall Air Defence)
Kemhan mengaku telah memesan sistem pertahanan udara yang bernama Oerlikon Skyshield dari perusahaan Oerlikon Contraves (sekarang Rheinmetall Air DefenceSwiss. Kepala Badan Sarana Pertahanan, Laksamana Muda Rachmad Lubis mengatakan bahwa Kemenhan baru memesan 6 unit Oerlikon Skyshield dan saat ini sudah dalam proses produksi. Total biaya yang harus dikeluarkan untuk mengakuisisi 6 unit alutsista Swiss tersebut sebesar 202 juta dolar atau per unitnya sekitar 33,6 juta dolar. Sayangnya, pengiriman baru bisa dilakukan pada 2015 (4 unit) dan 2017 (2 unit).

Oerlikon Skyshield adalah sistem pertahanan udara jarak pendek, modular, ringan yang difungsikan untuk cepat menargetkan dan menghancurkan pesawat dan rudal yang mengancam. Terdiri dari duacannon revolver 35 mm dengan laju tembakan 1.000 putaran per menit. Sistem kontrol tembaknya terdiri dari unit sensor dan pos komando terpisah. Skyshield ini dibuat juga untuk dilengkapi hingga dua rudal permukaan-ke-udara yang akan meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya.

Skyshield mudah dimobilisasi dengan truk atau sistem transportasi lainnya. Sistem kontrol tembaknya menggunakan pencarian x-band dan pelacakan radar, dan unit lain untuk radar/TV dan/atau Laser/FLIRprecision tracking. Pos komando dapat ditempatkan hingga jarak 500 meter dari unit kontrol tembak, menggunakan gelombang radio terenkripsi. Skyshield juga bisa digunakan dalam satu jaringan dengan sistem pertahanan udara lainnya untuk cakupan pertahanan udara yang lebih luas dan efektif.
AHEAD
Amunisi AHEAD yang bisa memuntahkan 152 proyektil tungsten
(Foto Rheinmetall Air Defence)
Kemampuan Oerlikon Skyshield semakin mumpuni jika menggunakan amunisi khusus buatan Rheinmetall bernama Advanced Hit Efficiency and Destruction (AHEAD). Jika ditembakkan, peluru ini mampu menyebar membentuk perisai, sehingga presisi tepat sasaran mencapai lebih dari 90 persen.

, , ,

0 komentar

Write Down Your Responses