Robot Ini Punya Indra Perasa Seperti Manusia


Robot bisa menemukan benda di ruangan yang berantakan. Menakjubkan.

ddd
Robot yang memiliki indera perasa buatan Georgia Institute Technology

VIVAnews - Saat berada di ruangan gelap, biasanya manusia meraba-raba, menggunakan indra perasa untuk menemukan barang yang dicari. Itu menjadi salah satu kelebihan manusia yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Kini, tim peneliti dari Department Biomedical Engineering diGeorgia Institute Technology, Atlanta, AS, telah mengembang robot yang juga memiliki indra perasa. Lengan robot ini mampu bergerak dan menemukan benda-benda hanya dengan sentuhan.

The Boston Globe melansir, 30 April 2013, Charles C. Kemp, Direktur Healthcare Robotics Lab mengatakan, dengan kemampuan merasakan sentuhan dan dipadu dengan teknologi komputer, robot ini dapat menemukan suatu benda di ruangan yang berantakan.

"Kemampuan terbaru yang sangat penting. Saat ini, robot mulai bisa ditugaskan dalam lingkungan manusia, seperti untuk membantu penyelamatan di misi-misi darurat. Impresif," kata Kemp.

Lengan robot didesain oleh Meka Robotics, sebuah perusahaan asal San Francisco, Amerika Serikat. Sementara perangkat lunaknya menggunakan Willow Garage Robot Operating System (ROS).

Inovasi robot ini menjadi tonggak kemajuan dalam dunia robotik, di mana robot dapat bekerja bersama manusia dan bisa berdekatan dengan manusia.

"Robot ini juga dilengkapi kulit buatan agar bisa merasakan tekanan dan sentuhan. Di dalam rumah, robot ini bisa memilih benda di dalam lemari," ujar Kemp.

Tim peneliti juga membuat sistem keamanan ketika robot tidak sedang digunakan. Robot dapat dimasukkan ke dalam ruangan logam atau kaca, dan dilengkapi dengan light curtains, atau perangkat khusus yang dapat mematikan sistem robot.

Pengembangan robot yang memiliki indra perasa dibiayai oleh Pentagon Defense Advanced Research Projects Agency. Hasil penelitiannya sudah dipublikasikan di Jurnal Robotics Research.

Untuk mengintip kemampuan robot ini, berikut cuplikan video singkat dari Georgia Tech:

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses