Teknologi Militer Tercanggih Di Dunia


Teknologi militer sering dikembangkan untuk mengoptimalkan kemampuan militer saat berada di medan perang. Berbagai kecanggihan teknologi militer tersebut memang memberikan keuntungan yang cukup besar karena akan banyak bermanfaat mulai dari pertahanan hingga daya serang sebuah pasukan militer. Amerika Serikat adalah salah satu negara besar di dunia yang gencar mengembangkan teknologi militer untuk memperkuat pertahanan di negaranya.
Berikut ini adalah beberapa teknologi militer canggih yang saat ini tengah dikembangkan oleh negara adidaya tersebut.

Teknologi militer yang sedang dikembangkan AS


Robot pengintai mini

Salah satu proyek teknologi milliter AS yang sedang dikembangkan adalah DARPA’s Nano Air Vehicle (NAV). Proyek ini dibentuk untuk pengembangan sebuah robot pengintai dengan ukuran yang cukup kecil. Proyek teknologi militer ini mematok ukuran robot mini tersebut hanya sepanjang 15 cm dengan berat maksimal 20 gram.
teknologi militer
Gambar diatas menunjukkan salah satu wujud rancangan robot pengintai mini yang berbentuk sperti burung dan dirancang untuk dapat terbang mencapai berbagai medan untuk melakukan pengintaian.

Pesawat HTV-2

Pesawat HTV-2 adalah salah satu pesawat yang menjadi bagian dari proyek teknologi militer AS. Pesawat ini diklaim bisa mencapai kecepatan hingga 20 kali kecepatan suara atau supersonic.
teknologi militer

Namun pesawat HTV-2 ini sempat mengalami kegagalan dalam ujicoba pada bulan Agustus tahun 2011 lalu. Kini DARPA sebagai pelaksana proyek teknologi militer tersebut tengah melakukan penyempurnaan agar pesawat HTV-2 bisa bekerja sebagaimana yang diinginkan.

Tangan buatan
Dalam proyek teknologi militer pengembangan tangan buatan ini DARPA bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti National Institute for Neurological Disorders and Stroke dan University of Pittsburgh Medical Center.
teknologi militer

Proyek ini dibentuk untuk membantu para prajurit militer AS yang terluka saat terjadi peperangan dan menyebabkan kehilangan tangannya karena harus diamputasi.  Teknologi militer tangan buatan ini memungkinkan otak untuk mengendalikan secara langsung gerakan mekanis pada sebuah tangan robotik.
Bebagai teknologi yang dikembangkan seharusnya bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap orang yang memakainya. Diperlukan kebijaksanaan yang tinggi dalam penggunaan teknologi, terutama teknologi militer yang jika disalahgunakan bisa menimbulkan kesengsaraan bagi orang lain.

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses