Teknologi Robot Yang Banyak Dikembangkan Di Dunia


Teknologi robot telah menjadi sebuah teknologi yang sangat penting dalam perkembangan peradaban manusia. Teknologi robot telah banyak membantu manusia melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Robot telah dikembangkan untuk membantu aktifitas manusia dan telah dibuat dalam beragam bentuk, model dan ukuran. Berbagai macam ukuran robot telah disesuaikan dengan fungsinya, mulai dari sebesar lalat hingga setinggi gedung bertingkat.

Teknologi robot

Jenis teknologi robot yang dikembangkan menurut fungsinya adalah sebagai berikut


Robot Industri

Teknologi robot sedang dulu telah dikenal dalam dunia industri. Robot-robot yang telah dirancang sedemikian rupa agar dapat menggantikan pekerjaan manusia dalam melakukan sesuatu yang berulang-ulang dengan pola yang sama. Misalnya adalah robot dalam industri minuman yang bertugas untuk memberikan label pada setiap botol yang jumlahnya mencapai jutaan botol per harinya. Proses tersebut bisa dilakukan dengan presisi oleh para robot karena telah diprogram dan disesuaikan. Teknologi robot ini bisa menghemat kebutuhan tenaga manusia untuk melakukan pekerjaan tersebut dan mengurangi tingkat kesalahan.

Robot Hiburan
Teknologi robot yang digunakan untuk kepentingan hiburan juga sudah banyak dikembangkan. Mulai dari robot yang paling sederhana dan biasa digunakan sebagai mainan anak-anak yang hanya bisa bergerak maju dan mundur, hingga robot canggih  yang mampu bergoyang mengikuti irama musik. Contoh teknologi robot lainnya yang ditujukan untuk keperluan hiburan adalah beberapa robot binatang yang bisa menirukan gerakan hewan aslinya dan merespon apa yang perkataan atau sentuhan orang di sekitarnya. Selain itu robot hiburan yang bisa memainkan alat musik baru-baru ini juga telah dikebangkan.

Robot Militer
Penggunaan teknologi robot dalam dunia militer juga telah banyak membantu dalam mengatasi berbagai situasi dan kondisi yang berbahaya. Baik saat berada di medan perang maupun di medan-medan yang sulit dijangkau oleh manusia. Di Indonesia sendiri salah satu teknologi robot yang digunakan oleh aparat militer adalah robot penjunak bom. Robot ini sering kita lihat di berita televisi saat anggota polisi tengah menjinakkan bom yang dinilai cukup berbahaya bagi personil. Sebuah robot yang berfungsi untuk mengevakuasi bom ke tempat yang lebih aman telah mampu menyelamatkan banyak jiwa.

Begitu banyak kegunaan teknologi robot yang telah berhasil dikembangkan. Kehadiran para robot terssebut mampu meringankan beban pekerjaan sekaligus menjadi sahabat manusia sesuai dengan fungsinya masing-masing.

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses