Catbot, Robot Canggih yang Memiliki Kemampuan Lari Mirip Kucing


Perkembangan teknologi robot kini kian pesat. Setelah sebelumnya sudah ada robot yang bisa meloncat, kini peneliti asal Swiss berhasil menciptakan robot yang mampu berlari. Robot tersebut pun diberi nama Catbot.
Robot ini diciptakan di sebuah laboratorium milik Ecole Polytechnique Federale de Lausanne. Robot ini pun memiliki struktur tubuh mirip kucing dengan empat kakinya. Para peneliti pun sengaja mendesain kaki robot tersebut dengan mengambil model dari kucing rumahan.
Dengan adanya robot ini, para peneliti tersebut berharap bisa memberikan kemajuan dalam teknologi biomekanik. Terutama pada desain kaki yang bertujuan untuk membuat robot agar bisa bergerak lebih cepat. Pada akhirnya, mereka pun berharap agar desain robot ini bisa digunakan untuk misi penyelamatan atau eksplorasi.
Robot ini pun diklaim sebagai robot tercepat di kelasnya dengan berat kurang dari 30 kilogram. Dalam tes yang dilakukan, robot ini memiliki kemampuan untuk bergerak hampir 7 kali ukuran tubuhnya dalam waktu satu detik. Tentu saja kecepatan tersebut masih jauh dari kecepatan seekor kucing. Namun hal tersebut menjadi pencapaian tersendiri bagi dunia teknologi.
via Engadget

0 komentar

Write Down Your Responses