Robot Ini Bisa Menyelam Mirip Ikan Sungguhan

detail berita

Robot ikan (Foto: Nanowerk)














TALLINN - Ilmuwan mengembangkan robot ikan yang bisa menyelam atau berenang mirip ikan sungguhan. Kemampuan khusus yang disematkan pada robot baru tersebut, memungkinkan robot untuk bisa mendeteksi lingkungan di bawah air.

Dilansir Phys, Jumat (19/7/2013), dalam waktu beberapa tahun terakhir, kendaraan robot bawah air banyak digunakan untuk industri maupun sektor sipil. Robot yang didesain serupa dengan bentuk ikan ini juga digunakan untuk komunitas sains untuk mempelajari lingkungan di laut.

Ilmuwan juga dapat memanfaatkan robot untuk digunakan pada studi hewan laut serta tanaman di habitat aslinya di dasar laut. Terkini, ilmuwan berhasil menciptakan robot bawah laut yang memiliki desain serupa dengan ikan sungguhan.

Kendaraan 'biomimetic' ini bisa bermanuver atau bergerak persis hewan aslinya. Proyek yang dinamakan FILOSE ini menghadirkan robot ikan yang memiliki kemampuan memahami lingkungan bawah air.

Mirip hewan aslinya, robot ikan ini diklaim bisa berenang di lingkungan alam dengan merasakan aliran air di sekitaranya dan bereaksi terhadap perubahan pola aliran air. Partner proyek FILOSE ini dikembangkan oleh ilmuwan dari Centre for Biorobotics Tallinn University of Technology di Estonia.

Robot ini menyerupai jenis ikan 'rainbow trout' dalam sisi desain dan perilaku. Ekor robot ikan juga dilengkapi dengan teknologi 'servomotor' tunggal yang terletak di rongga dada. Komponen tersebut menciptakan gelombang yang membuat robot mampu bergerak ke depan ketika berada di dalam air.

Bagian kepala robot yang kedap air ini memiliki sensor dan komponen elektronik. Ilmuwan percaya suatu saat pengembangan lebih lanjut terkait teknologi bawah air baru ini bisa membantu industri minyak dan gas, penghapusan ranjau bawah air, operasi pemantauan, pencarian dan penyelamatan lingkungan, kegiatan anti-teroris, pengawasan pelabuhan serta keamanan

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses