Uji Statik RX 320-4000


Beberapa model roket Lapan yang telah di produksi oleh Pusat Teknologi Roket diantaranya adalah RX 320 yang merupakan jenis roket pengorbit satelit. Roket ini berhasil di uji statik pada 2 Juli 2013 di Instalasi Uji Statik Roket milik Lapan di Rumpin Bogor. Roket yang mempunyai daya dorong maksimum 6 Ton tersebut dirancang dengan tujuan untuk mendukung program pembuatan Roket Pengorbit Satelit (RPS) secara mandiri. Rencananya, RPS terdiri dari empat tingkat kombinasi dari dua jenis roket, yaitu RX-420 dan RX-320. Kegiatan uji statik roket RX 320 ini mempunyai tujuan untuk menguji validasi sistem propulsi dan menguji validasi kekuatan struktur motor roket. Berdasarkan hasil yang diperoleh sesaat setelah pengujian, secara visual pengujian ini berhasil dengan sukses.

Demikian juga data yang diperoleh menunjukkan hasil yang memuaskan dengan daya dorong rerata 4.9 Ton. Bahan bakar yang digunakan masih menggunakan jenis HTPB (Hydroxi Terminated Poly Butadiene) dengan berat total propelan 371 kg menghasilkan waktu bakar 14.97 detik. Pengukuran tekanan ruang bakar maksimum diperoleh 53.145 Bar dan temperatur yang terdapat di bagian nosel tercatat 872.5 ◦C.
Roket yang mempunyai panjang tabung 4235 mm dengan diameter 320 mm berbobot total hampir 700 kg ini akan ber”kolaborasi” dengan roket RX 420 sebagai roket pengorbit satelit kelas nano (5 kg). Pada pengujian statik kali ini menggunakan tiga buah sensor yaitu sensor gaya dorong, tekanan ruang bakar dan temperatur. Persiapan uji statik roket RX 320-4000 telah dipersiapkan oleh tim pengujian statik dan motor roket selama tiga hari berturut-turut karena roket ini harus ditangani secara hati-hati dikarenakan berat yang hampir mencapai 700 kg dan dilaksanakan di daerah Rumpin Bogor yang telah banyak penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Dengan berhasilnya uji statik ini maka tinggal selangkah lagi akan diujiterbangkan di daerah Pameungpeuk Kabupaten Garut.

, , , ,

0 komentar

Write Down Your Responses