Ini Nih Robot Mirip Burung yang Mampu Terbang dengan Kepakan Sayap Bernama Robo Raven


Dunia penuh robot sepertinya semakin dekat. Setelah sebelumnya ada robot dengan bentuk mirip kucing, kini sebuah robot lain mirip binatang kembali diperkenalkan. Robot tersebut bernama Robo Raven yang mempunyai struktur tubuh mirip burung.
Kemiripan robot ini dengan burung terletak pada kemampuannya untuk mengepakkan sayap. Robot ini dilengkapi dengan dua motor sinkron yang bertugas untuk mengepakkan sayap. Dengan adanya motor, baterai serta aktuator, tentunya robot ini mempunyai bobot yang cukup berat dan menjadi masalah jika dipakai terbang. Namun para peneliti tersebut menemukan solusinya.
Robot yang dikembangkan oleh tim peneliti dari University of Maryland, Amerika Serikat ini pun mempunyai bobot yang ringan dengan memanfaatkan teknologi printing 3D. Dengan teknologi tersebut, bodi robot bisa dibuat lebih ringan dengan bahan dari polimer.
Menariknya, robot ini tidak hanya memiliki kemampuan terbang. Bahkan robot canggih ini juga bisa melakukan manuver-manuver seperti yang dilakukan oleh burung. Terlebih dari kejauhan, robot ini tampak seperti burung biasa.

, ,

0 komentar

Write Down Your Responses